"PELAJARI 3 Langkah Mudah Membuat Website Dengan Web Editor GRATIS, SEKARANG!"
Powered by MaxBlogPress 

Belajar Karate, Aikido… Atau Belajar Taekwondo? Masukan.. Plz!

Hai teman,

Saya cuman ingin bertanya kepada anda yang mempunyai pengalaman di salah satu bidang olah raga beladiri ini: Karate, Aikido, Taekwondo. Yang mana dari ketiganya ini yang anda rekomendasikan jika misalnya saya mempunyai seorang anak ingin belajar beladiri.

Dan jelaskan kenapa-nya. Kenapa anda lebih merekomendasikan kami untuk belajar olahraga beladiri itu?

Apakah karena falsafahnya, karena keindahannya, karena visi misinya, atau apapun. Saya tahu bahwa tidak ada satupun jawabanpun yang lebih unggul, saya hanya ingin mendengarkan opini dan pengalaman anda saja.

Thanks!

PS: Jika bisa, jelaskan juga apa keuntungan dan kenapa anda belajar beladiri, serta berapa lama anda sudah menekuni cabang olahraga beladiri itu?

, ,

41 Comments

  • At 2008.11.06 10:28, tiar said:

    Sorry ya mas saya belum pernah belajar olahraga beladiri. Jadi saya tidak tahu soal itu

    • At 2008.11.06 18:43, Putu Budi said:

      Pilih aja Taekwondo, soalnya anak ke 2 saya ( cewek) duduk di kelas 2 SD sedang belajar bela diri tsb. Gunanya? yang kelihatan sekarang kalo kokonya nakal, dengan ringan kakinya nendang. Jadi positifnya bisa pake jaga diri dari orang iseng, gitu lho! Sukses

      • At 2008.11.06 19:34, Belajar Bisnis Online said:

        Hahaha,

        Dahsyat sekali anak cewek-nya pak Putu yah, bukannya yang cowok-cowok yang belajar Taekwondo eh malah yang cewek. :)

        Bagus sekali, emang sih, sebenarnya cewek or cowok perlu juga yah, kayak yang bapak bilang, asal demen, bisa pakai buat jaga diri juga.

        Sip!

        PS: Btw, setelah baca-baca sana sini, saya lihat Aikido bagus banget, terutama kalau buat yang mulainya nggak dari kecil, soalnya di Aikido kita tidak menggunakan kekuatan fisik melainkan dengan kekuatan lawan, memanfaatkan tenaga lawan.

        Dan dengar-dengar banyak yang usianya 70 an pun masih latihan.

        Ada yang punya info yang valid mengenai Aikido?

        Bagaimana sih sebenarnya, dan apakah disana diajarkan pelemasan juga, kemudian bantingan dlsbnya?

        Dahsyat!

        • At 2008.11.09 02:33, indra said:

          sy pernah belajar TaeKwonDo 4 th, PckSilat 1th. masing2 punya kelebihan dan kekurangan. tp klo bisa dikombinasikan…Dahsyat! :-)

          dari pengalaman tsb klo 7annya ingin belajar beladiri tidak ada yang saya rekomendasikan.manusia sudah dikasih akal untuk membela diri.cth: saat melakukan kesalahan, kebanyakan orang membeladiri dengan mencari kambing hitam…:)

          sy blm pernah belajar Aikido dari seorang guru, tp pernah belajar dari buku :)
          dr list Pak Kusuma, sy rekomendasikan Aikido.di pcksilat sy pernah lihat yg umur 80 masih lincah, bgt juga di Aikido umur sgt bisa melempar orang….sbnarnya itulah kelebihan olah raga dari Timur,mengutamakan kekuatan dari dlm diri, bukan dari luar (otot)

          Dari falsafah Aikido bagus,karena tidak boleh digunakan untuk bertarung.Aikido untuk beladiri.klo yg lain bertarung sah2 aja…krna itu ada pertandinganya…:)

          Aikido mengunakan tenaga lawan untuk melawan lawan. Sy pernah membanting kakak sy yg beratnya 85 Kg dgn teknik Aikido, brt badan sy 65 Kg :)

          Aikido diajarkan pelemasan juga, karena dasar dari beladiri adalah “pelemasan”. dgn pelemasan otot menjadi lebih lentur, tidak mudah cidera. Pesumo yang gemuk dan besar, bisa melakukan split dan kayang.

          wah…jadi panjang lebar….

          btw klo tentang sumber2 yang lain sy belum bisa merekomendasikan…

          btw untuk mengetahui pengalihan tenaga bisa dilakukan uji coba ini:

          - dua orang berhadapan (A-Badan Besar,B-Bdn
          Kecil)
          - tangan disatukan (spt saling mendorong)
          - A mendorong B.
          - B mengalihkan tenaga A dengan mendorong
          tangannya kearah atas. B tidak akan
          terdorong dari posisi berdirinya…

          Selamt Mencoba…

          Luar Biasa!

          • At 2008.11.09 16:33, Belajar Bisnis Online said:

            Wow….

            Sampai saya speechless dengan penjelasan Indra yang begitu lengkap dan detail sekali!

            Indra, anda mempunyai bakat dan kemampuan yang baik untuk menjadi seorang penulis produk informasi yang dahsyat! :)

            Karena kan untuk menulis produk informasi yang baik kita harus: “detail, Informatif dan akurat”

            Terima kasih, memang saya sedang mempertimbangkan Aikido. Benar apa yang Indra tuliskan. Saya naksir Aikido karena itu. Katanya menggunakan kekuatan lawan, dan juga visi misinya yang tidak dipertandingkan dan berusaha semaksimal mungkin untuk tidak mencederai lawan.

            Dan pada kenyataan bahwa masih banyak orang yang usia diatas 50 tahun yang masih bisa belajar Aikido. Wah, yang merasa telat belajar beladiri jadi masih bisa tuh mulai dan menjadi hebat di usia pertengahan.

            Dan saya sungguh tidak menyangka, Indra yang kelihatan kalem, ramah dan maaf “kurus” dari fotonya…kalau nggak salah kaca mataan juga yah.. :) eh ternyata penyuka bela diri.

            Duh saya merasa beruntung menuangkan artikel mengenai beladiri ini disini…karena sekarang saya jadi tahu mana teman-teman saya yang suka beladiri. :) surprise.

            Hahaha, saya pikir kalau tujuan membela diri beneran baikan nggak usah belajar bela diri, eh ternyata maksudnya bercanda yah?

            Emangnya kalau tujuannya membela diri motivasinya salah kah?

            Orang yang belajar bela diri seharusnya motivasinya yang BENAR apa yah? Bolehkah ia belajar beladiri hanya untuk sekedar membalas pelecehan yang mungkin dia pernah alami sewaktu kecil ( misalnya ) ataukah beladiri seharusnya murni karena suka dan hobi?

            Sungguh, jika bisnis online saya mungkin mengetahui sedikit mendalam tapi bela diri saya nggak tahu banyak falsafahnya, jadi tolong dibantu :)

            Thanks.

            PS: Indra, wah saya baru tahu kalau “pegulat sumo” bisa kayang dan split juga. :)

            Dan Uji cobanya thanks yah. Siapa yang mau saya coba? :)

            • At 2008.11.13 02:56, indra said:

              kata orang bijak, “seekor harimau akan menyimpan kukunya” (takut rusak kali…meni-pedinya mahal) :)

              untuk produk informasi lg cari2 mo bikin produk informasi apa? ada ide bos?

              saat awl bljr, motivasi saya utk membela diri, tp ujung2nya untuk tarung :) . tidak ada yg salah dlm memilih motivasi, yg salah saat kt menggunakan ilmunya.

              Pak Kusuma pandai membuat cpywriting, motivasinya untuk menjual sebanyak2nya…tp ilmu cpywriting digunakan untuk menjual produk tdk bermutu. motivasi bener tp digunakan dgn cr salah.

              klo dr awal motivasinya hanya untuk membalas,bahaya tuh…bisa2 seperti di film2 silat :) .untuk sekedar hobi itu lebih baik.sensei/guru beladiri yg baik akan mengarahkan muridnya untuk menggunakan ilmunya utk membantu org lain, bkn menyakiti.

              untuk usia >= 30 sy rekomendasikan belajar Aikido atau Tai Chi. karena tdk menggunakan banyak tenaga otot sendiri, tetapi tenaga lawan.

              selamat belajar Pak Kusuma, semoga menemukan olah raga yang cocok…
              nt kita latih tanding di Tekken-3 (PS-2)

              • At 2008.11.13 13:07, Belajar Bisnis Online said:

                Hai Indra,

                Thanks kebijakannya… Hem, emang kalau orang suka belajar beladiri kalau bicara suka ada falsafahnya dikit-banyak yah? :)

                Kayak harimau dengan kuku, gajah dengan taring dlsbnya. :)

                Mengenai ide produk informasi… nah maybe ini saya ada pengalaman sedikit. :)

                Soalnya sampai sekarang sudah ada ide untuk produk ke 8 dan sudah jadi 5 buah. :)

                Jadi harus bagus di curah ide kan, menemukan apa yang diinginkan oleh pengunjung di Internet yang cocok dengan bidang yang kita tekuni.

                Sebenarnya langkah Indra untuk ngeblog sesuai dengan bidang Indra, kemudian aktif di forum, itu sudah tepat sekali.

                Karena Indra sudah masuk atau membuat sebuah komunitas. Nah sekarang dengan barada di komunitas bidang Indra, Indra tinggal lihat apa masalah mereka, apa yang mereka sedang inginkan dengan desperate. Mungkin mirip kayak Kus nanya ke Indra masalah beladiri diatas.

                Dari sana Indra jadi ada gambaran kan buat orang yang ingin menekuni beladiri apa saja kegelisahannya, apa saja kekhawatirannya, apa saya pertanyaan-pertanyaannya. Dari jawaban Indra saya sangat terbantu.

                Dan jika Indra menekuni bidang Indra dengan baik, saya yakin pengalaman Indra bisa dibukukan.

                Jadi, ada ide? banyak! :) lalu apa itu? check aja ke pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh subscribers Indra atau pengunjung blog atau teman-teman Baru di forum.

                Lalu jawab masalah mereka dengan sebuah produk yang bernilai tambah, lengkap, detail dan informatif. Berikan lebih dari yang mereka bayarkan. Maka mereka akan puas dan omong baik tentang Indra.

                Indra juga akan dapat banyak testimonial. Sambil jalan tweak and test terus produk Indra supaya menjadi pemimpin di pasar dan laku banyak.

                Btw, mengenai:

                “Pak Kusuma pandai membuat cpywriting, motivasinya untuk menjual sebanyak2nya…tp ilmu cpywriting digunakan untuk menjual produk tdk bermutu. motivasi bener tp digunakan dgn cr salah.”

                Apakah itu hanya sekedar contoh atau benar-benar masukan untuk saya Ind?

                Soalnya kadang kita sendiri tidak bisa melihat diri kita sebaik orang yang mengamati dari luar kan? walaupun saya sudah berusaha memaksimalkan diri, tetap saya butuh masukan dari orang lain.

                Siapa tahu Indra tahu mengenai saya yang saya tidak tahu. Maka saya senang jika diberi tahu. :)

                Okay bagus, jadi motivasinya nggak apa yang salah adalah penggunaannya yah.

                Saya pikir di film silat banyak sekali yang motivasinya salah yah, karena mereka biasanya belajar karena terjadi sesuatu pada dirinya, keluarganya, kemudian mereka belajar supaya suatu hari mereka bisa membalaskan, atau paling tidak mereka tidak mengalami lagi apa yang dialami orang terdekatnya.

                Apakah itu motivasi atau penggunaan yang salah?

                Sarannya terima kasih Indra, saya juga masih pikirkan apakah akan nyambi belajar beladiri atau fokus di Bisnis online dan “olahraga renang” seperti yang memang basic saya disana.

                Sama-sama olahraganya tapi saya ada minat untuk ke beladiri saja karena renang toh sudah dari kecil. Pengen coba sesuatu yang berbeda dan bisa dinikmati juga.

                BTW untuk bisnis online sih terus mantap, terutama ngeblog, copywriting dan buat produk informasinya. :)

                Dahsyat yah In!

                • At 2008.11.17 19:17, ramli said:

                  saran saya untuk usia anak dibawah 12 tahun beladiri yang tepat adalah Taekwondo, karena pembentukan fisik, kelenturan dan teknik2 yang ada tidak semata2 untuk perkelahian namun banyak unsur seni dimana anak dapat memahami ilmu beladiri dari nilai seni dan moral yang tinggi sehingga anak tidak tumbuh dengan peandangan yang salah mengenai ilmu bela diri.
                  dan setelah nantinya dia mampu menguasai, menilai dan memahami tentunya dia akan punya pilihan sendiri ilmu beladiri apa yang akan didalaminya. manfaatnya saya rasa sudah banyak yang anda tahu, saya instruktur Taekwondo dan berencana akan belajar aikido. salam saya untuk semua pecinta seni beladiri indonesia.

                  • At 2008.11.18 14:49, Belajar Bisnis Online said:

                    Bapak Ramli,

                    Terima kasih penjelasannya yang sangat jelas dan detail. Apalagi Ramli adalah instruktur Taekwondo, menarik sekali, karena ini adalah berdasarkan pengalaman bapak langsung.

                    Jika saya mempunyai seorang anak usia seperti yang bapak sampaikan, maka Taekwondo akan menjadi olahraga beladiri yang saya akan anjurkan. Dan saya setuju bahwa Taekwondo bagus untuk pembentukan fisik, kelenturan, dan tehnik2 yang tidak semata untuk perkelahian melainkan seni.

                    Hem, menarik, boleh saya tahu sudah berapa lama bapak menekuni bidang olahraga ini, dan secara pribadi, apa manfaat yang paling bapak senangi?

                    Apakah benar, motivasi seseorang untuk belajar beladiri itu penting, apakah beladiri sama seperti menjalankan suatu usaha, harus dilandasi karena rasa suka dan minat yang tinggi sebagai motivasi, dan bukannya karena ingin membalas atau unggul dalam perkelahian? atau bahkan hanya untuk sekedar menjaga diri?

                    Motivasi manakah yang paling baik?

                    Selamat belajar Aikido pak. Salam bapak sudah saya sampaikan, dan banyak yang langsung membacanya juga disini. :)

                    • At 2009.03.16 21:34, dewi said:

                      hay……….mw g’berbagi ilmu bela diri ma q,cz q suka banget ma beladiri

                      • At 2009.06.04 17:02, wellsen(solusi sukses) said:

                        Wah.. baru tau ada posting ini..
                        Telat gak ya comment saya? :)

                        Walaupun belum master, saya ingin ikut berpendapat..
                        Saya mengenal beladiri sejak tahun 2004..
                        Manfaat yang saya dapatkan dari beladiri antara lain tubuh yang lebih sehat, stamina yang lebih bagus, dan yang terpenting saya jadi punya sebuah metode untuk melindungi diri dari serangan dan ancaman, belajar mengantisipasi dan menghindari bahaya serta belajar cara melindungi orang2 terdekat.. :)

                        Karate, taekwondo, atau aikido? Saya merekomendasikan aikido. Bukan berarti kedua beladiri yang lain jelek, karena tidak ada beladiri yang bagus atau jelek, semua tergantung praktisinya.

                        Mengapa aikido? karena Aikido cocok untuk segala umur, segala postur dan tidak butuh kelenturan yang tinggi dan kekuatan yang besar. Prinsipnya membelokkan kekuatan lawan. Beladiri aikido didominasi kuncian dan bantingan, dengan tujuan melumpuhkan tanpa melukai. cocok untuk yang cinta damai.

                        Tapi, kalo motivasi anak anda belajar beladiri ingin menekankan pada aspek real fight(mempertahankan diri dari serangan dan ancaman dalam kehidupan nyata dengan teknik yang se-praktis mungkin), saya merekomendasikan beladiri “Krav Maga” dan beladiri “Jeet Kune Do”

                        Sekian pendapat saya :)

                        • At 2009.06.30 19:51, Lucky said:

                          Well, saya senang ada yang bahas tentang bela diri….

                          Mau unjuk saran sedikit ajah…. saya rasa yang paling penting adalah kesiapan mental dari praktisi bela diri.

                          Untuk semua bela diri jepang semuanya dilandasi oleh semangat Bushido, jadi asalkan kita bisa mendalami falsafah ini saya rasa semua bela diri baik dan bermanfaat.

                          Untuk Aikido sendiri, falsafah ini sudah mulai ditanamkan sejak awal jadi para aikidoka sejak awal mengerti dan menjunjung semangat atau cara Bushido tersebut.

                          Kalau mengenai teknik nya sendiri aikido memang lebihn memanfaatkan tenaga penyerang, ini sesuai dengan namanya Ai Ki Do yang berarti cara menyelaraskan atau mengalirkan tenaga. Jadi yang dilakukan Aikidoka adalah mengalirkan tenaga penyerang untuk kemudian dinetralkan, setelah netral, penyerang tersebut akan dikunci atau dijauhkan sehingga menghilangkan bahaya bagi Aikidoka.

                          Saya rasa demikian aja komen nya, semiga bermanfaat

                          • At 2009.06.30 21:18, Stop Dreaming Start Action said:

                            Wow… mantap sekali mas Lucky,

                            Terima kasih banyak atas penjelasannya yang menarik dan mudah dimengerti.

                            Jika boleh saya tahu mas, anda menekuni beladiri apa, dan jika boleh tahu, sudah berapa lama menemkuninya, silahkan share sedikit mengenai suka duka dan keuntungannya. Saya yakin teman-teman disini banyak yang masih awam, sehingga mereka akan sangat terbantu dengan adanya insight (pandangan dan masukan) dari rekan yang memang menekuni dan tahu banyak mengenai beladiri walaupun tidak semua jenis atau cabang.

                            Teman-teman lain yang ingin berbagi pengalaman, silahkan juga. Mantap!

                            • At 2009.11.17 12:41, angga merdeka said:

                              pada dasarnya semua bela diri itu mempunyai keistimewahan masing-masing. apabila kita bilang karate/taekwondo dll. kita mengultimatum bela diri keperkasaan yang lain.. semua bela diri mengajarkan suatu filosofi yang begitu kental.. sekarang kita kembalikan kepada peminatnya sendiri..

                              kita mengikuti latihan demi latihan pada akhirnya kita akan menemukan ” Pencerahan untuk pencerahan”

                              salam hangat,
                              angga merdeka putra
                              DAN II LEMKARI
                              ( LEMBAGA KARATE-DO INDONESIA )

                              • At 2009.11.26 11:36, ratih sinta dewi said:

                                hai… wah gimana? dah menentukan pilihan ??
                                semua tergantung tujuan,, kalau tujuannya wat turnamen y masuk saja yang untuk dipertandingkan,, tapi kalau hanya untuk jaga diri masuk saja AIKIDO,,
                                ….kalau mau dua2 nya PENCAK SILAT/ KARATE / KEMPO juga bisa..
                                … saya dulu seorang KENSHI 4 tahun(KEMPO), setelah itu pencak silat 3 tahun,,
                                kedunya punya banyak kelebihan n kekurangan.
                                di PENCAK SILAT berbagai macam di ajarkan : gerakan seni, pernapasan, getaran,teknik kuncian,pertarungan, n dll..
                                di KEMPO diajarkanjuga macem2, kecuali getaran n pernapasan ga , eh ane belum pernah belajar teknik pernapasan n teknik getaran di kempo..
                                ,,,,,,,,,,,,,,,,,,nahhh, pilihan ada di tempat u sekarang,, tergantung tujuan n kemauan,,,
                                ok?
                                gud luck y???

                                • At 2009.12.18 12:22, fahmi said:

                                  hai………..apa kabar kamu? aku belum siap melakukan tanding taekwondo & karate di INDONESIA……. aku belum bisa melakukan nya. seharus hal yangg terbaik. aku punya banyak musuh, tolong diajarkan ini……….? trima kasih.
                                  aku di joygakarta, magowu

                                  • At 2009.12.24 02:42, lie said:

                                    saya seorang taekwondoin, aikidoka dan karateka. dari pengalaman saya, anak ibu/bapak. masukkan aja dulu ke tae kwon do. setelah sabuk merah (senior) baru masukkan aikido. teknik tendangan dalam tae kwon do pabila dipadukan dengan kuncian dan bantingan aikido adalah sangat luar biasa. teknik dwicaqi plus irmi tenkan sankyo aikido pasangan serasi. tae kwon do juga ada lho memukulnya. saya bicara begini dalam kapasitas saya sebagai sabeum di tae kwon do dan praktisi aikido.

                                    • At 2010.03.04 17:12, Radit said:

                                      hmm…semua bela diri punya kelebihan dan kekurangan,,tapi kekurangannya itu juga bisa diminimalisir asal satu kuncinya bisa mengontrol emosi dan tidak sombong karena sudah mempunyai satu bidang ilmu.

                                      saya punya kelemahan jantung ketika saya kecil, dokter saya menyarankan saya untuk berenang agar jantung saya dilatih.

                                      berhubung ayah saya senpai karate, dan saya takut dengan berenang, jadi saya belajar karate, waktu itu saya club Lemkari, untuk pertarungan jarak dekat karate menurut saya sangat bagus.

                                      seiring berjalan waktu saya berhenti di sabuk coklat dan mencoba pencaksilat, waktu itu saya ikut Jurus. disini saya lebih mendalami teknik pernafasan. mengatur emosi dsb.

                                      tapi lanjut saya tidak terlalu minat untuk yang satu ini, lalu sejak SMA saya mencoba ikut taekwondo, dan sampai sekarang setelah saya pensiun jadi atlet karena terdapat retak di tengkorak kepala saya akibat kejuaran yang pernah saya ikuti, saya melatih taekwondo di daerah rumah saya dan juga di SMA.

                                      jadi apapun ilmu nya asal digunakan untuk kebaikan, pasti ada manfaat semuanya.
                                      ^_^

                                      • At 2010.03.14 17:58, mustafid said:

                                        saya seorang aikidoka baru..baru 2 kali latihan..yang saya rasakan sih memang benar di aikido lebih kepada seni pertahanan tubuh…saya baru belajar ukemi dan tekhik dasarnya..aikido boleh dicoba kok…

                                        • At 2010.03.22 15:25, taekwondoin said:

                                          hhmm..
                                          anak2 di bawah umur 15 tahun harusnya sih belajar melenturkan diri yaa..
                                          biar bisa melawan dan menggunakan beladiri lain dengaaan sempurna..

                                          to the point : Taekwondo (biar ada temennya,,hehehe)

                                          • At 2010.04.01 21:33, Belajar Bisnis Online said:

                                            Hahah, thanks, yah deh Taekwondo emang okay kok. Bagus banget dalam menggunakan kaki dan kelihatan elegan. Tetapi Aikido juga menawan, karate tampak gagah. Jadi masing-masing okay aja, yang penting ditekuni! :)

                                            • At 2010.04.18 10:50, sri sulastri said:

                                              astri nak karate astri ikut karate dah 3 lebihhhhh…….. dari smp sampai sekarang kelas i sma……….karate lebih menamg di tangan dan cara menghindar…………. kalo menurut astri setiap bela diri tu sama bagusya, tentu astri cinta karate banget karate dah jadi hidup astri…………………. apapun beladiri yg kamu pilih jalani dengan serius pasti kamu dapat hasilnya……………

                                              • At 2010.04.20 16:32, Nyoman said:

                                                Smua sama….
                                                taekwondo pake kaki, karate dominan tangan, n aikido byasa untuk mengatasi pencopet dalam jarak dekat….

                                                kalo buat ank d bawah 15 th, sbaiknya TKWONDO, karna bagus buat masa pertumbuhan…dr peregangan kaki sampai peregangan tulang belakang….

                                                SALAM TAEKWONDOIN
                                                Nyoman Taekwondo DPS, BALI….
                                                KYONGEK
                                                MERAH STRIP HITAM 2

                                                • At 2010.06.03 19:01, iqbal karate said:

                                                  hmmm…. kalo saya mengitu bela diri karate saya menekuni nya selama 2 setengah tahun dan sekarang sudah mencapai tingkatan sabuk coklat akan tetapi sangat sulit untuk beranjak ke sabuk hitam karena berhubung dewan gurunya ada di jakarata dan biyayanya sangat mahal saya mungkin akan berhenti dan akan melanjutkan bela diri ke pencak silat

                                                  tetapi sbenarnya semua olahraga itu baik tergantung kemampuan kita un tuk mengasah teknik tersebut dengan sempurna

                                                  • At 2010.09.27 20:31, Abraham Andika Satria said:

                                                    Kalau saya sih…sebenarnya lebih pilih kungfu, karena pelatihannya menurut saya lebih ‘nyaman’ dan lebih menarik bagi saya.
                                                    Tetapi kalau disuruh memilih dari ke-3 pilihan tadi…saya rasa taekwondo, karena saya pun juga punya sedikit pengalaman belajar karate…ternyata latihannya lebih berat! Dan taekwondo…saya masih mempelajarinya sekarang…dan ternyata saya lebih nyaman dengan taekwondo. Kalau aikido, sebenarnya enak juga…tapi sih terserah anda..mau pilih yang mana. Hehehe…

                                                    • At 2010.10.25 20:40, Bam said:

                                                      Pada dasarnya semua beladiri itu sama…yang membedakan adalah bagaimana qt mengolah tehnik dasar dari masing-masing beladiri tersebut..!

                                                      • At 2010.11.11 16:52, rien annisa p. said:

                                                        karate aja.
                                                        pilih perguruan INKANAS(Institut Karate-do Nasional)

                                                        • At 2010.12.17 22:09, InJaPan said:

                                                          kalo saya taekwondo sudah dri klas 4 sd dan skarang saya sudah kelas smp 3. sya jga prnah blajar capoera baru beberapa bulan abis itu keluar, aikido sma jg, karate jga prnah, wingchun bru belajar. dari semua ny sama sja, cmn bda dri filsafatnya. misalkan Aikido lbh menggunakan perasaan, yg artinya kta tidak harus mengeluarkan tenaga dri kita terlalu banyak. Kalau taekwondo yg sya tekuni sudah lama, lbh kepada logika, bagaimana kta melawan musuh dlm kondisi tertentu sehingga lbh efisien dlm penggunaan teknik dan tenaga. kalau wingchun, skedar informasi saja, beladiri hasil update dri kungfu, teknik/gerakannya diambil dri kungfu ditambah gerakan dari bangau dan ular. Saran sya jka anak perempuan, lbh baik ikut wingchun atau aikido yg lbh dipergunakan utk kehidupan sehari2. kalau laki2 boleh semuanya, kalau sanggup belajar semuannya. Karena jika beladiri itu digabung, terdapat kehebatan sendiri, teknik2nya saling menutupi kelemahan.

                                                          • At 2011.03.03 02:26, sugi said:

                                                            klw ku sih……

                                                            belajar main drum…..

                                                            heheheheehe……….

                                                            ga hobi belajar beladiri….

                                                            • At 2011.03.27 14:08, nita said:

                                                              menurut aku sih lbh baik ikut taekwondo ja.aku jg ikut ko aku dah sabuk kuning

                                                              • At 2011.03.27 16:58, arina said:

                                                                wah,belajar karate aja sekali kali coba ngalamin jadi karateka.Dan karate enggak cuma belajar teknik dasar,sama jurus – jurus(katta)tapi buat ilmu beladiri juga atau kumite.Aikido juga nggak kalah oke,taekwondo juga oke banget.Tapi silat ajalah ilmu bela diri asli indonesi harus di lestarikan jangan cuma ngjiplak punya oranglain.

                                                                • At 2012.02.18 22:00, Fitra Bintara Mukti said:

                                                                  saya menyukai segala jenis bela diri,, krn setiap beladiri masing” memiliki seni yg berbeda,, namun bela diri yg saya sukai adalah “Tae Kwon Do” & “Kungfu Shaolin”,. saat ini saya menjalankan latihan TKD,, salah satu teknik andalan saya di TKD yaitu Deol Caghi,, keunggulan teknik ini bagi saya yaitu saat kita berhadapan dgn lwan/musuh, itu dgn mudah untuk menggapai kpl lwn dgn teknik deol caghi.Jadi saat berada dekat dgn lawan posisi kita dgn lwn harus dekat/rapat,, lalu mengangkat kaki setinggi-tingginya dari samping dan menyerang muka/kepala lwn dgn tumit kaki,,,”Good Try”,,, salam TKD & Kungfu Shaolin

                                                                • At 2011.04.10 14:56, Donnie said:

                                                                  sebenarnya itu tergantung dari masing-masing pribadi, semua beladiri ada kurang & lebihnya. tergantung dari awal niatnya, klo cuma ingin bisa berantem & berani, ga perlu ikut beladiri.nongkrong aja di pasar jadi preman.
                                                                  karena di Indonesia (karate, taekwondo, aikido) itu olahraga beladiri prestasi bukan untuk jago-jagoan.

                                                                  Gw udah menggeluti Taekwondo dari SD kelas 3 sampe sekarang umur 27 tahun, banyak pengalaman, kita juga banyak pelajaran dari sini.nilai positifnya banyak,asalkan kita serius.

                                                                  Yang jelas, di beladiri diajarkan untuk kesabaran tingkat tinggi.

                                                                  • At 2011.06.26 13:44, Abay said:

                                                                    Apa aja boleh…
                                                                    Yang penting kita suka.,,
                                                                    Tapi lebih baik belajar sholat n ngaji..
                                                                    Ea bwat jga diri dmasa depan.
                                                                    Ckckck

                                                                    • At 2011.08.18 14:31, sahara said:

                                                                      ka2k saya ingin bisa belajar karate ka2k bisa gak ajarin ku karate

                                                                      • At 2011.08.18 14:35, sahara said:

                                                                        ka2k saya ingin belajar karate ka2k bisa gak.. ajarin saya karate

                                                                        • At 2011.10.18 09:01, RIZKI AYU SEKARINI said:

                                                                          gw waktu sd kls 1 pernah belajar pencak silat, tapi itu kan waktu kecil, nah rencananya nih, ntar klo gw dah kerja mo belajar taekwondo atau aikaido, senin – jumat gw kerja, sabtu minggu gw kuliah, malem atau sorenya gw belajar beladiri , dan berapa kali seminggu malemnya gw les bahasa inggris, capek emang, tapi gw gak terbiasa tuk gakda kegiatan. Tiap hari aja gw sibuk kuliah, kan gw lagi ta nih sekarang , jadi sibuk bikin ta.

                                                                          • At 2011.12.04 22:32, pay said:

                                                                            klo sy sarankan coba blajar Shorinji kempo, karena asal mula dari beladiri jepang adalah Kempo, yg kmudian bercabang mnjadi Karate, aikido, jijutsu, judo dll.

                                                                            • At 2011.12.24 21:06, alfi said:

                                                                              saya merekomendasikan untuk belajar aikido..dan saya sedang menekuninya saat ini..beladiri lain yang pernah saya coba itu karate dan capoeira..sejauh ini saya merasa nyaman dengan belajar aikido..karena prinsipnya kita menggunakan serangan lawan untuk melumpuhkan lawan..jadi aikido tidak bisa dipakai untuk menyerang lawan..lebih ke defense, penerapan teknik aikido tidak bisa jalan jika kita mengandalkan emosi. kalo kita mengahadapi lawan dalam kondisi emosi, maka habislah kita..jadi aikido melatih emosi kita juga..aikido lebih tenang dan minim tenaga..
                                                                              kata sensei saya, belajar aikido tidak seperti belajar beladiri lainnya, butuh waktu lama agar teknik kita bagus..sebenarnya teknik adalah nomor 3 di aikido..yang lebih penting dari itu adalah keseimbangan..jadi cuma dengan menggoyahkan keseimbangan lawan kita udah bisa mematahkan serangan lawan..
                                                                              sejauh ini itu yang saya ketahui tentang aikido, cmiiw

                                                                              • At 2012.02.14 17:31, Affandy said:

                                                                                Saya dulu waktu kecil fisiknya lemah dan gampang sakit, kemudian karena itu saya suka diajak berkelahi ama anak anak di kampung saya tapi saya gak berani, lalu saya latihan karate sampai sabuk biru, badan terasa sehat, makin kuat dan kokoh, dan gak ada lagi yg mengajak saya berkelahi hehe, hidup damai… waktu SMA di kota, saya ikut taekwondo 1 tahun, Karate bagus untuk menempah fisik, stamina juga mental & keberanian, dan sangat cocok untuk laki2 Taekwondo juga melatih fisik dan juga mental dan kelenturan kaki sehingga cocok juga buat cewek, sekarang pengen belajar Aikido, dan sedang mempelajari literaturnya.

                                                                                • At 2012.06.14 15:22, Masykur Sahlan said:

                                                                                  Kalo saya, ditanya belajar beladiri apa?. Saya menjawab, semua beladiri tergantung masing-masing orangnya, contoh kecil saja; jika kita punya pisau misalnya tapi kita tidak bisa menggunakan pisau itu dengan baik maka tentunya sia-sia saja …
                                                                                  Dasar dari semua beladiri menurut pandangan saya adalah sama, selebihnya kitalah yang mengembangkan keahlian kita sendiri.
                                                                                  Saya kelahiran 30 Desember 1982 sudah mulai belajar beladiri Karate-Do sudah sejak kelas 3 Sekolah Dasar, dan sekarang memegang DAN I Sabuk Hitam.
                                                                                  Di Karate, tendangan kedepan misalnya dilakukan tanpa melompat, tetapi di taekwondo itu dilkukan dengan cara melompat, sebenarnya di karate juga ada yang dilakukan dengan melompat, tetapi itu semua tergantung kebutuhan.
                                                                                  Tangkisan dan pukulan pun demikian, semuanya dasarnya sama.

                                                                                  Ok … !!! semua beladiri adalah tergantung pada yang mengamalkannya, orang bilang kungfu hebat, itu tergantung orangnya, orang bilang karate hebat itu tergantung orangnya, dll.

                                                                                  So, intinya adalah semangat berlatih, disiplin, selalu mencari (haus) akan pengetahuan, tidak menyombongkan diri adalah kunci penting belaja beladiri, apapun jenis beladiri itu.

                                                                                  semoga bermanfaat.

                                                                                  (Required)
                                                                                  (Required, will not be published)